Jumat, 20 Maret 2009

KELUARGA MENGAJAR DAN MENDIDIK

Ada sebuah buku yang berjudul sangat menarik, "Sekolah mengajar atau mendidik", suatu pertanyaan yang ditanyakan kepada institusi sosial yakni sekolah. Bila pertanyaan tersebut kita tanyakan kepada institusi paling dekatyakni lembaga keluarga dengan pertanyaan" Keluarga mengajar atau mendidik". Dalam UU perkawinan jelas bahwa tujuan dari perkawinan adalah membentuk sebuah keluarga. Dalam perjalanannya ternyata keluarga bukan hanya suami atau istri tetapi ada anak- anak didalamnya.
Mengajar berasal dari kata "ajar" yakni; petunjuk kepada orang supaya diketahui dan arti mengajar memberi sebuah pelajaran. Sedang kata Mendidik dari kata "didik" berarti memelihara dan memberi latihan menganai akhlak dan kecerdasan pikiran.
Sangat menarik di dalam arti mendidik, adanya kata Akhlak yakni budi pekerti, kelakuan.
Jadi dari pertanyaan kita diatas mengenai Keluarga, seharusnya keluarga mencakup dua bagian yakni mendidik dan mengajar. Keluarga berfungsi mengajar adalah memberikan contoh yang baik kepada anak anak dan juga memberitahukan nilai nilai dalam kehidupan yang harus dilakukan dan tidak boleh dilakukan. Dilain sisi juga dalam keluarga perlu diberikan budi pekerti kepada anak anak, sehingga anak bisa mempunyai budi pekerti yang baik.
Anak anak terkadang rindu akan didikan dan ajaran yang bsia membuat semangat hidup dan menata hidup masa depan lebih baik lagi.. DR

Tidak ada komentar:

Posting Komentar